Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Cara Picture in Picture (PiP) di iOS 14

Minggu, 27 September 2020

Cara Picture in Picture (PiP) di iOS 14

Hi, Bloggers!

Selamat berakhir pekan semua! Semoga kita sehat selalu dan habisin weekend bareng keluarga dirumah aja yaa. Ketemu lagi di artikel baru dan kali ini gua mau share gimana cara aktifin fitur picture in picture (PiP) di iOS 14 khususnya di aplikasi YouTube. Jadi, fitur picture in picture sendiri itu sebenernya udah ada lama di Android devices dan baru sekarang ini baru ada fitur tersebut di iOS devices. Emang sih agak telat ya hahaha, tp gapapa seenggaknya ada juga fitur ini di iOS.

Picture in picture (PiP) adalah fitur dimana kita bisa tetep play video dari aplikasi pemutar video seperti YouTube meskipun di posisi homescreen. Jadi kyk meminimize video yang kita play saat kita di homescreen smartphone kita. Berikut seperti ini tampilan fitur picture in picture (PiP) di iOS 14.

Fitur Picture in Picture (PiP) di iOS 14

Berikut diatas adalah contoh fitur picture in picture (PiP) di iOS 14 dimana gua masih bisa nonton video di YouTube meskipun gua buka aplikasi Safari. Lumayan membantu kan, misal kita mau play lagu di YouTube sambil chattingan juga bisa banget, karena nanti tampilan video jg bisa di minimize dan suara ttp bisa kita dengerin.

Nah buat yang mau tutorialnya, bisa cek langkah dibawah ini:

1. Download aplikasi Scriptable di App Store, bisa klik link disini. Aplikasi Scriptable ini nantinya yang akan menjalankan video dengan mode Picture in Picture di iOS.

2. Tambahin Shortcuts YouTube PiP, bisa klik link disini. Shortcuts ini yang nantinya buat aktifin fitur share video dari YouTube dan menjalankannya ke aplikasi Scriptable tadi. Kalo udah ke download otomatis kebuka di aplikasi Shortcuts kemudian scroll down dan pilih Add Untrusted Shortcut.

3. Pastiin Shortcut YouTube PiP udah ada di aplikasi Shortcuts.

4. Kalo semua udah selesai, sekarang kalian udah bisa aktifin fitur Picture in Picture dari YouTube deh. Coba buka aplikasi YouTube di iPhone, pilih video apa aja bebas yang mau ditonton, kemudian pilih icon Share (sebelah icon screen mirroring) di icon bar atas, lalu pilih More.


5. Selanjutnya pilih YouTube PiP V3, kemudian klik OK.

6. Tunggu sebentar sampai video berhasil ditampilin di aplikasi Scriptable. Kalo udah muncul kalian bisa pilih kualitas video mau 360p atau 720p. Kemudian kalian bisa klik home button atau kembali ke homescreen dan buka aplikasi lainnya deh.

7. Dan fitur Picture in Picture (PiP) udah berhasil deh, kalian bisa kecilin atau gedein tampilan video, bisa pindah posisinya dimana aja dan juga bisa minimize jd di hide tapi masih bisa denger suaranya. Cara kecilin atau gedein tampilannya, kalian tinggal double tap di tampilan video tersebut.

Picture in Picture ukuran kecil diatas

Picture in Picture ukuran besar dibawah

Picture in Picture di minimize (hide)

Nah gampang bukan tutorial kali ini? Apalagi semua aplikasinya juga gratis dan gampang digunain. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat kalian semua dan sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Salam, Bloggers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar