Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Cara Cetak Foto Polaroid Mudah dan Murah ✨

Sabtu, 12 Desember 2020

Cara Cetak Foto Polaroid Mudah dan Murah ✨

Hi, Bloggers!

Ketemu lagi di artikel baru akhir tahun iniii. Kayaknya udah  sebulan lebih ga posting krn lagi sibuk banget ngurus skripsi dan persiapan wisuda 😪 but, hari ini balik lagi dan bakal kasih tips dan trik buat kalian semuaaa.

Sesuai dengan judul artikel, kali ini gua mau share atau kasih tau cara cetak foto polaroid yang mudah dan murah alias bisa dilakuin dirumah diwaktu senggang. Fotonya bisa pake foto apa aja yaa, jadi bebas mau pake foto apapun bisa kok dijadiin ala ala polaroid.

Hasil Cetak Foto Polaroid (reza-alif.blogspot.com)

Buat yang mau coba, yuk ikutin caranya. Pertama yang harus disiapin yaitu:

Alat:

1. Laptop/PC

2. HP

3. Printer

Bahan:

1. Kertas foto ukuran A4 (bahan glossy atau matte/doff)

2. Aplikasi Pinterest

3. Aplikasi Dazz Cam atau Picsart

4. Internet

Kalo semua alat bahan udah siap, lanjut ke tutorialnya yaitu sebagai berikut:

1. Install Aplikasi Dazz Cam

Tujuan aplikasi Dazz Cam ini adalah utk mengedit foto menjadi seperti polaroid pakai bingkai ala polaroid. Selain aplikasi Dazz Cam, kalian juga bisa pake Picsart atau aplikasi lain sejenisnya.

2. Cari Foto yang Akan di Cetak

Lanjut kalian cari foto yang mau di cetak, bisa cari dimana aja tapi kalo gua pribadi lebih suka cari di Pinterest, karena gampang dan banyak foto-foto estetik.

3. Buka Aplikasi Dazz Cam

Buka aplikasi Dazz Cam, pilih lensa inst c dan frame background putih. Background bisa pilih warna lain sesuka kalian yaa.

4. Insert Foto yang Akan di Edit menjadi Polaroid

Insert semua foto (maksimal bisa pilih 9 foto) ke aplikasi Dazz Cam dan tunggu hingga selesai proses edit. Kalo semua foto udah dipilih, klik checklist hijau (centang hijau).

5. Buka Galeri Dazz Cam

Buka galeri Dazz Cam, kemudian pilih select all dan save all images.

6. Kirim Foto ke Laptop/PC

Kalo semua foto udah kesimpen di hp, selanjutnya kirim semua foto tadi yang udh diedit jadi polaroid ke laptop/pc. Tujuannya yaitu buat melanjutkan ke proses selanjutnya.

7. Buka Microsoft Word

Buka lembar baru Ms. Word, kemudian atur settingan lembar kerja. Pertama pilih layout > margins > custom margins.

8. Setting Margins

Ubah ukuran margins menjadi 1 cm semua (top, bottom, right, dan left). Lalu klik ok. Kalo muncuk notif pilihan fix dan ignore, kalian pilih ignore.

9. Settings Ukuran Kertas

Ubah ukuran kertas klik layout > size > A4.

10. Beri Garis pada Lembar Kerja Microsoft Word

Beri garis kotak-kotak pada lembar kerja Ms. Word klik view > checlist gridlines.

11. Insert Shape

Insert shape dan pilih rectangle. Tujuannya yaitu untuk meletakkan dan mengatur ukuran foto polaroid yang akan dicetak.

12. Atur ukuran Rectangle

Ubah ukuran rectangle tadi menjadi 9 cm x 6 cm. Tujuannya yaitu untuk menyamakan ukurannya semirip mungkin dengan polaroid yang sebenernya.

13. Ubah Warna Kotak

Ubah warna kotak dengan shape fill white (putih) dan shape outline black (hitam).

14. Membuat 9 Rectangle

Copy (ctrl+c) dan paste (ctrl+v) rectangle yang udah jadi sebanyak 9 kali hingga memenuhi lembar kerja Ms. Word. Susun dengan rapih.

15. Insert Foto yang Akan di Cetak

Insert foto yang sudah dipindahkan ke laptop/pc dari hp dengan cara insert > picture > this device > pilih foto satu per satu.

16. Atur Foto

Susun dan atur foto sesuai dengan rectangle (kotak) yang udah dibikin sebelumnya. Klik kanan foto kemudian pilih wrap text > in front of text. Tujuannya yaitu untuk mengubah posisi foto yang tadinya dibelakang kotak menjadi didepan kotak agar terlihat.

17. Atur Ukuran Foto

Lanjut ubah ukuran foto. Klik foto dan ubah ukurannya menjadi 9 cm x 6 cm. Tujuannya yaitu untuk menyesuaikan dengan kotak yang sudah dibikin dan menjadikan ukuran foto semirip mungkin dengan foto polaroid.

18. Sesuaikan Letak Foto

Sesuaikan letak foto hingga posisinya sesuai dengan kotak yang sudah dibikin sebelumnya. Kemudian ulangi langkah yang sama untuk menyisipkan foto dan mengubah ukuran foto hingga lengkap penuh satu lembar kerja.

19. Simpan dan Cetak

Langkah terakhir yaitu simpan file tersebut dan cetak dengan kertas foto ukuran A4. Bebas yaa untuk bahan kertas fotonya, boleh glossy boleh juga matte/doff. Tapi menurut gua lebih bagus yang matte/doff karena ya emang lebih tebel.

20. Potong Foto

Setelah lembar kerja Ms. Word di print/dicetak dengan kertas foto, selanjutnya gunting foto sesuai ukuran yang udah ada (sesuai garis foto polaroid). Jadi deh.

Nah, hasil-hasil foto polaroid tersebut bisa dipake untuk beberapa hal kyk disisipin di notebook atau disisipin dibelakang case hp, tapi case hp-nya yang bening yaa atau clear case (transparan) jadi fotonya ttp bisa keliatan. Berikut hasilnya yang udah jadi:

DIY Polaroid untuk NoteBook (DIY Polaroid for NoteBook)

DIY Polaroid untuk Case HP (DIY Polaroid for Phone Case)

Gimanaaaa, gampang kan?? Hasilnya juga lumayan bagus bisa bikin hp kalian makin kece dan notebook kalian makin estetik 🤩🤩🤩

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat kalian semuaaa. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Salam, Bloggers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar