Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Cara dan Tips Dasar Membeli Laptop / Komputer Bekas (Second)

Senin, 18 November 2013

Cara dan Tips Dasar Membeli Laptop / Komputer Bekas (Second)

Hi, sobat bloggers...

Buat kalian yang mau membeli laptop bekas dengan harga "miring", pastilah laptop tersebut mempunyai beberapa kekurangan atau mungkin sedikit kerusakan, nah disini saya akan memberi tahu cara, tips, atau langkah untuk memilih dan membeli laptop "second" atau bekas.

Kadang kala kebutuhan dan isi dompet sering berjalan ke arah berlawanan, termasuk saat kita membeli laptop atau komputer. Dilema yang biasa dihadapi konsumen adalah harga komputer incaran melambung tinggi, jauh dari dana yang disiapkan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah membeli komputer bekas, termasuk laptop, dengan berbagai kondisi dan spesifikasi. Jika jeli, anda akan mendapatkan laptop berkualitas dengan harga miring.

Berikut beberapa kiat dasar membelilaptop bekas, here we go!
1. Tanya Garansi: Banyak alasan orang menjual laptop baru dibelinya, mulai dari alsan keuangan, atau tidak sesuai kebutuhan. Tanyakan kejelasan garansi. Apakah garansi toko atau garansi distributor resmi? Periksa juga kartu garansinya guys.
2. Periksa Layar: Salah satu komponen yang paling mahal di laptop adalah layar LCD. Periksalah dengan seksama untuk mengetahui apakah ada cacat di layar laptop yang dibeli. Cara cepatnya, ganti wallpaper ke warna hitam polos dan cari titik yang berwarna selain hitam. Lalu, ubah wallpaper putih polos dan apakah ada garis di layar yang tidak hilang. Jika ada cacat pada layar, sebaiknya pilih unit yang lain mengingat penggantian layar lumayan mahal.
3. Cek Fisik dan Fungsi: Periksa kondisi fisik untuk mendapat gambaran seperti apa perlakuan pemilik laptop terdahulu. Kalo kalian membeli di toko, kemungkinan besar pihak toko telah membersihkannya, tetapi untuk beberapa cacat akibat terbentur atau jatuh biasanya sulit ditutupi.
4. Cermati Baterai: Mungkin satu hal yang paling sulit adalah mengetahui kondisi baterai. Pada beberapa laptop, terdapat software untuk mengetahui berapa daur baterai atau berapa kali baterai laptop tersebut telah mengalami pengisian. Biasanya laptop dirancang bertahan sampai 1.000 (seribu) kali pengisian.
5. Ekspektasi Harga: Berapa harga yang wajar? Jika model laptop bekas yang ingin dibeli masih dijual di pasaran maka selisih harganya berkaisar 20-30 persen, tergantung kondisi, merek (merk), kelengkapan, dan masa garansi.
6. Cara Transaksi: Kalo kamu membeli laptop yang diiklankan di forum di internet, sebaiknya pilih transaksi tunai saat bertemu langsung (bahsa kerennya COD, alias cash on delivery). Bagi yang tinggal di luar kota, sebaiknya gunakan perantara terpercaya untuk melakukan transaksi. Hindari penjual yang mendesak untuk mengirim uang terlebih dahulu, kecuali memang kalo kamu telah mengenalnya.

Intinya, membeli laptop bekas memang membutuhkan ketelitian dan kesabaran ekstra. Jangan terburu nafsu jika melihat barang yang sepertinya dibandrol terlalu murah. Periksa dulu dengan benar-benar.

Gimana bloggers, udah paham kan. So, kalo beli barang, nggak cuma laptop, tetapi yang lainnya, tetep hati-hati ya guys. See you next articles =) by leaving a comment, it will make me more careful, thank you!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar