Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Komentar pada Postingan Blog Hilang? Apa Penyebabnya?

Minggu, 24 Februari 2019

Komentar pada Postingan Blog Hilang? Apa Penyebabnya?

Halo bloggers!

Akhirnya gua bisa meluangkan waktu lagi untuk nulis di blog. Gua bingung tadinya mau isi konten apa, kemudian gua iseng buka postingan lama gua, ternyata banyak bangettt komentar yang tiba-tiba ilang. Padahal gua gapernah ngehapus komen atau apapun itu. Dengan kejadian ini, gua jadi punya ide buat nulis artikel tentang Penyebab Hilangnya Komentar pada Blog.

Jadi awalnya gua bingung dan merasa aneh, tiba-tiba semua komentar ilang. Gua terus googling cari cara buat mengembalikan atau memunculkan kembali komentar tsb. Tapi, dari sekian banyak referensi dan cara segala macem gua ga berhasil satu pun. Dan udah gua utak-atik pengaturan di blog ttp aja komentar ga muncul, meskipun tertera terdapat komentar di postingan tsb.


Jadi gambar diatas adalah gambar jumlah komentar di postingan gua (gua ss dari dashboard blogger). Misal gua mau cek yang artikel Cara Mengembalikan Akun Royal Revolt. Di situ tertera 30 komentar.


Terus gua buka ke artikel tersebut, dan ternyata komentarnya ga ada alias hilang! Kenapa bisa jadi?? Panik tentunya, tapi coba utk santai dan cari pemecah masalahnya.

Kemudian setelah gua googling cara mengembalikan komentar tapi ttp ga ketemu...
Gua coba buka akun Google+ gua.


Setelah gua buka, ternyata ada pemberitahuan dari pihak google. Gua gatau gua telat info atau gimana, tapi jujur gua baru tau wkwkw. Mungkin dari kalian ada yang baru tau juga atau emg udah tau?


Pemberitahuannya adalah Google+ akan ditutup atau dihapus. Intinya akun Google+ dan komunitas yang ada di Google+ sebagainya akan dihapus. Inti yang gua baca dari penjelasan Google adalah karena sedikitnya pengguna Google+ ini, maka pihak Google akan menghapus dan menutup Google+. Rada sedih sih, tapi ya jujur gua jarang pake Google+, cuman sedih aja kalo harus ada beberapa fitur maupun konten yang akan hilang.


Ini kalian bisa baca disini bahwa komentar yang telah di posting pada blog atau artikel apapun dengan akun Google+, maka akan dihapus. Selain itu juga ada pemberitahuan lainnya yang kalian bisa baca lebih lengkap langsung aja buka akun Google+ kalian dan baca pemberitahuan yang ada. 

Oke, jadi intinya adalah komentar yang biasanya ada di blog adalah komentar orang-orang yang login menggunakan akun Google+ akan hilang dan dihapus oleh pihak Google per tanggal yang sudah ditentukan. Jujur gua kaget baca pemberitahuan itu, kaget sedih juga karena komentar yang udah kita posting di blog manapun akan dihapus. Tapi tenang aja, masih bisa komentar dengan login akun Google biasa kok nantinya. Cuma, komentar lama kita yang pake akun Google+ akan hilang intinya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Jangan lupa komen dan share ke sosial media kalian biar yang lain juga tau dan mendapatkan info baru.

See you on the next article.

Salam bloggers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar