Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Smartphone BlackBerry di Tahun 2019

Selasa, 26 November 2019

Smartphone BlackBerry di Tahun 2019

Hi, Bloggers!

Siapa disini yang masih punya smartphone BlackBerry? Terutama BlackBerry jadul yang masih pake OS 7.1, 7, 6, 5 bahkan 4. Kalo kalian masih punya BlackBerry di akhir tahun 2019 ini, kalian pake buat apa sih kira-kira? 🤔 Kalo gua pribadi sih buat koleksi dan ya paling cuma sebagai secondary driver, dipake buat aktifin nomor kedua, dan sekedar buat telfon atau sms.

Jadi, kemarin gua iseng-iseng cari BlackBerry di marketplace dan online shop. Ternyata harga BlackBerry jadul ini yang baru (entah rekondisi atau bukan) bisa setara harganya sama iPhone 5 atau 5C second di akhir 2019 ini lho. Tentu target dari seller ini tidak lain dan bukan adalah untuk para kolektor HP jadul, makanya berani kasih harga tinggi (mungkin).

Gua kebetulan masih ada BlackBerry 9300 Curve (OS 6) dan dari kemaren pengen banget cari BlackBerry 9800/9810 Torch atau BlackBerry 9850/9860 Monza. Tapi karena barangnya langka dan susah banget cari second BB 9800/9810 di online store, akhirnya dapet tuh BB 9850 Monza. Ga dapet yang 9860 sih, dapetnya yang 9850. Sedikit penjelasan, apa sih bedanya 9850 dan 9860 Monza? Jadi dari segi fisik dan lain-lain kedua seri BB Monza ini sama tidak ada bedanya. yang membedakan adalah BB 9850 itu bisa buat CDMA dan GSM, sedangkan BB 9860 itu cuma bisa GSM aja. Itu sih perbedaan utamanya. OS yang dipake pun sama, OS 7.1.



Lanjut, gua sengaja cari BB tujuannya yang utama adalah buat nostalgia jaman SMP sampe SMA. Dari SMP kelas 1 sampe SMA kelas 3 dulu make BB terus, meskipun ganti hp tp ttp aja pakenya BB. Gatau nyaman aja pake BB dan dulu kan emang BB hits banget, lagi bagus-bagusnya di pasaran. Jadi yaudah tuh sekitar 5 tahun pake BB dan sekarang kangen lagi pake BB buat nostalgia jaman-jaman sekolah haha. Kemudian tujuan lainnya gua beli BB jadul ini yaitu buat sms, telfon, sama mp3 player. Udah itu aja tujuan sebenernya.

Perlu kalian ketahui, di tahun 2019 ini BBM dan BlackBerry App World udah ga support lagi ya di BlackBerry jadul (BB OS 7.1 kebawah). Jadi kalian udah gabisa pake buat twitter, facebook, atau aplikasi lainnya yang meskipun masih ter-install di BlackBerry tersebut. Kalian kalo mau browsing tentu harus connect wifi atau beli paketan BB, yaitu dikenal paket BIS (BlackBerry Internet Service). Paketannya beda sama paketan data seperti android atau iOS. Kalo BB ini dijadiin primary driver, sangat tidak direkomendasikan di tahun 2019 ini. Tapi kalo cuma buat secondary driver, masih layak-layak aja kok 👍🏻

Kemudian, gua iseng coba foto-foto pake kamera dari BB 9850 Monza itu. Dan ternyata dengan kamera yang udah 5 mp ditambah autofocus dan flash, hasilnya cukup menakjubkan menurut gua. Terutama di tahun 2011-an, kamera BB 9850 Monza pasti udah termasuk bagus banget di kelas mid-end tentunya. Bahkan di akhir tahun 2019 ini, kameranya juga masih lumayanlah. Meskipun ga sebagus kamera smartphone di era sekarang ini, tapi di era sebelumnya itu udah mantep bangettt. Autofocus-nya kalo dibandingin sama tahun-tahun ini, bisa dibilang biasa aja. Tapi wajar dong, kalo inget umur BB tersebut udh berapa tahun haha.

Berikut hasil foto dari kamera BB 9850 Monza:

1. Indoor, low-light, flash (on)
Untuk hasil foto kondisi ini, masih lumayan bisa diandalkan kok hasilnya




2. Outdoor, siang, foto landscape (pemandangan)
Untuk hasil foto kondisi ini, sangat disayangkan hasilnya kurang detail dan noise



3. Indoor, low-light, flash (off)
Untuk kondisi seperti ini, hasil fotonya ya biasa aja, ga bagus dan ga buruk juga



 

4. Outdoor, siang, jarak normal
Untuk kondisi seperti ini hasilnya menakjubkan, cukup detail dan tajam



5. Outdoor, siang, close-up (jarak dekat)
Untuk kondisi seperti ini hasilnya menakjubkan, masih dapat menangkap fokus dan detail tajam






6. Indoor, cukup cahaya, jarak normal
Untuk kondisi seperti ini hasilnya lumayan baik, namun cukup. Tidak buruk namun tidak bagus bgt


7. Indoor, cukup cahaya, close-up (jarak dekat)
Untuk kondisi seperti ini hasilnya cukup baik dan detail juga tajam



Berikut diatas merupakan hasil jepretan dari kamera BlackBerry 9850 Monza. Gimana menurut kalian? Apakah masih dapat diandalkan? Kalo untuk indoor sih kurang ya, tapi kalo outdoor dan pencahayaan yang baik, masih bisa dibilang bagus kok. Apalagi untuk hp keluaran di tahun 2011, udah 8 tahun sekarang ini umurnya jadi wajarlah dengan kualitas kamera seperti itu. Bahkan pada jamannya itu udah keren banget hasilnya haha.

Oke, sekian postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Gua sekedar sharing aja sama kalian pengalaman dan penggunaan BlackBerry jadul di 2019 ini seperti apa gitu. Kalo kalian ada yang tertarik dan mau cari BlackBerry jadul kondisi BNOB, mungkin bisa cek di BukaLapak atau Tokopedia (bukan promosi ya haha). Atau di OLX juga masih ada kok yang jual second nya, tp kondisi mungkin ga mulus dan itu wajar yaa.

Kalian yang masih punya BlackBerry jadul, yuk sharing di komen.
Mari kita bernostalgia bareng haha.

See you in the next article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar