Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Tips Fotografi menggunakan iPhone

Senin, 21 September 2020

Tips Fotografi menggunakan iPhone

Hi, Bloggers!

Ketemu lagi di artikel baru nih. Sekarang gua mau share sedikit tips dan trik cara mendapatkan hasil foto atau cara memotret menggunakan iPhone supaya lebih maksimal hasilnya. Apa aja yang dibutuhin? Cuma 2 yaitu device iPhone itu sendiri sama objek yang mau dipotret.

Gausah panjang lebar, langsung aja caranya yaitu dibawah berikut:

1. Fitur Grid


Fitur grid ini yaitu memberikan garis kotak kotak secara vertikal dan horizontal dimana berguna untuk membantu dalam memotret objek secara simetris, sehingga akan didapatkan hasil foto objek yang presisi dan enak diliatnya kan. Fitur grid dapat diatur di Settings > Camera > Grid.

2. Cari Angle dan Tentukan Mode Foto

Pemilihan angle juga sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Jika angle kurang pas, hasil foto juga hasilnya tidak akan maksimal dan sebuah objek dapat menghasilkan hasil foto yang berbeda2 sesuai dengan posisi angle yang diambil. Kalian bisa coba dengan angle dari sudut samping, atas maupun bawah sesuai dengan objek yang akan difoto akan terlihat lebih bagus dari posisi yang mana. Lakuin jepretan berkali kali yang banyak gapapa, ntar baru dipilih yang terbaik.

Kemudian selain angle kalian juga ingin membuat foto dengan mode landscape atau potrait. Mode landscape cocok untuk foto pemandangan karena akan terlihat lebih wide (lebar) objek dari gunung, pantai dsb. Sedangkan mode potrait biasa buat foto diri biasanya, kyk ootd (outfit of the day) cocok pake mode potrait. Oh iya, mode landscape itu posisi hp di miringin 90 derajat, sedangkan mode potrait itu posisi hp tegak normal. 

3. Fitur HDR

Fitur HDR ini berfungsi untuk menyeimbangkan warna hasil foto. Sehingga foto hasil warnanya akan terbagi dengan setara gitu pokoknya, ga ada yg terlalu cerah atau terlalu gelap, jadi pas. Buat liat perbedaan hasilnya, kalian nanti bisa liat di hasil foto. Biasanya ada 2 file foto yang normal dan yang pake fitur HDR. Kalian tinggal pilih suka hasil yang mana deh.

4. Flash

Kurangin penggunaan fitur flash di iPhone ya, supaya hasilnya lebih natural aja gitu. Pake fitur flash seperlunya aja, misal di foto keadaan bener2 gelap atau pas malem hari dan aktifin flash kalo pengen pake mode foto tertentu (misal pas pake filter instagram biar hasilnya pas gelap makin estetik bisa pake mode flash).

5. Exposure

Fitur exposure ini juga berguna banget buat dapetin kecerahan warna dari hasil foto. Misal kita mau foto sebuah objek, supaya fokus ke objeknya kita tap fokus di layar, kemudian atur exposure supaya foto tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Pokoknya ini juga penting banget daripada kalian edit exposure di aplikasi pihak ketiga kyk vsco atau lightroom dsb, lebih baik pas mau potret objeknya kalian mainin di fitur exposure ini.

Kurang lebih sekian tips fotografi pake iPhone versi gua, kalo kalian ada versi tambahan yang kurang di artikel ini silahkan bisa di share jugaa. Berikut beberapa hasil foto dari iPhone gua tanpa filter tanpa edit:

Hasil Foto Indoor (Low Light)

  Hasil Foto Outdoor

Hasil Foto Outdoor

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat buat kalian yang belum tau jadi makin tau. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

Salam, Bloggers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar