Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Makin Banyak Orang Kena “Sleep Texting”, Kirim SMS Saat Tidur

Senin, 28 Oktober 2013

Makin Banyak Orang Kena “Sleep Texting”, Kirim SMS Saat Tidur

Siang sobat bloggers, selamat hari Sumpah Pemuda ya. Ketemu lagi di artikel baru nih, artikel ini sangat akrab dengan kebiasaan kita lho, mau tau apa yang akan di bahas? Ini nih “Sleep Texting”. Ada yang belum tahu apa itu “Sleep Texting”? Langsung liat aja nih ya, cekidot..

Guys, makin banyak aja nih orang yang kecanduan sama teknologi, makin banyak juga orang yang mengalami gangguan tidur (saya pun terkadang begitu). Bukan susah tidur karena sibuk memainkan ponsel, tetapi justru jadi sembarangan mengirim SMS ataupun BBM tanpa sadar saat sedang tidur.

Perilaku ini disebut dengan istilah “sleep texting” guys, atau berkirim SMS saat tidur. Berdasarkan mekanismenya, perilaku gangguan ini dikelompokkan dengan kategori berjalan saat tidur (sleep walking), mengigau (sleep talking), ataupun berhubungan 'seks' saat tidur (seksomnia). (•̯͡.•̯͡) hati-hati loh bloggers..

Guys, pakar kesehatan tidur, Dr. Marcus Schmidt mengakui saat ini kecenderungan untuk mengalami 'sleep texting' cenderung meningkat di kalangan remaja. Penyebabnya tak lain karena kecanduan teknologi, sampai-sampai kalau tidur ponsel juga dibawa ke tempat tidur dan tidak dimatikan. Dan perilaku ini cenderung meningkat ketika tidurnya tidak nyenyak atau saat seseorang kurang tidur. Ketika tidurnya tidak nyenyak dan cenderung gelisah, keberadaan ponsel di tempat tidur bisa merangsang reaksi motorik untuk menjangkau dan memainkannya.

Cara paling mudah untuk mengatasi perilaku ini sebenarnya 'ngga' susah sih guys, kita hanya dianjurkan untuk tidur tidak larut malam demi kecanduan teknologi agar bisa tidur nyenyak. Selain itu, sebelum tidur sebaiknya mematikan ponsel dan letakkan sejauh mungkin dari jangkauan.

Gimana? Udah jelas 'kan'? Apa itu perilaku “Sleep Texting”, pendapat ahli, dan penyelesaiannya? So, bagi yang punya kecanduan ini, coba dihilangkan ya guys :D

Bagi yang udah baca artikel ini, dipersilahkan meninggalkan komentar di bagian bawah ya.. :) bisa kasih saran juga kalo ada yang kurang :D hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar