Taylor Swift 3 Reza Alif's Space: Tips Memulai Blogging

Rabu, 25 Maret 2020

Tips Memulai Blogging

Hallo, Bloggers!

Adakah salah satu dari kalian yang punya hobi atau passion nulis? Tapi bingung, mau di arahin kemana bakat nulis kalian? Nah, gua punya saran buat kalian yang punya hobi nulis. Yuk, coba nge-blogging. Gapapa kok gausah takut salah atau ga percaya diri. Awal nge-blogging gua juga banyak kesalahan, tulisan random dan berantakan banget asli hahaha. Tapi perlahan nanti bakal lebih baik lagi pasti, yakin deh.

Sedikit cerita ya, gua punya passion nulis dari SD. Jujur aja dari SD udah suka nulis cerita pendek di media kertas yaitu tepatnya binder, jaman dulu belum kenal yang namanya internet, jadi gua tulis semuanya di binder. Apapun itu tulisannya mulai dari lirik-lirik lagu, cerita pendek (cerpen), puisi, pantun dan banyakkk lagi lainnya semua gua tulis di binder. Ga berhenti gitu aja, mulai masuk SMP gua mulai kenal internet dan kenal yang namanya blog. Gua belajar otodidak bgt, cuma liat tutorial-tutorial dari internet kyk gimana sih bikin akun blogger, kelola template, posting artikel dan lain sebagainya. Gua pernah bikin blogspot, wordpress dan tumblr. Tapi, yang masih aktif sampe sekarang ya blogspot ini, karena lebih nyaman aja dan gampang dipake haha.

Oke, waktu SMP gua mulai bikin akun blogger dan posting artikel apapun itu judulnya. Bener-bener random cui, apa aja gua post gila kyk jadi tempat curhat waktu itu. Gua ga peduli entah orang-orang baca atau engga, gua tetep aja nulis keseharian gua. Sampe pada akhirnya, gua sadar gua ga seharusnya cerita semua itu di blog, kyk ngebongkar privasi real life gua gitu. Mulai SMP kelas 3, gua bersihin postingan blog yang lama, kyk curhatan gua, kejadian di real life gua, gua hapus semua. Oh ya, blog yang gua pake dari SMP sampe sekarang gua kuliah semester 8, masih sama ya; yaitu blog ini hahaha. Gila awet bgt kalo diitung-itung.

Lanjut SMA, gua masih aktif nge-blogging tapi gua mulai memutuskan blog gua bakal membahas tentang apa, topik apa, artikel apa yang bakal gua share. Akhirnya karena gua suka banget sama dunia teknologi, gua memutuskan buat nulis artikel tentang teknologi. Terutama gadget, mulai dari platform BlackBerry yang mana smartphone pertama gua, Windows Phone gua paham dikit lah karena pernah pake juga, iOS yang gua masih pake sampe sekarang dan Android gua kurang paham karena belum pernah make Android; jadi maaf kalo tutorial Android kyknya dikit bahkan belum ada di artikel blog ini. Tapi, ga cuma bahas teknologi, gua juga bahas kyk musik, film, tips & trik, tutorial dan sebagainya. Bahkan sampe sekarang ini masih gua campur artikel di blog ini, tapi semoga kalian tetep bisa dengan gampang cari artikel sesuai topiknya di label yang udah gua buat yaa.


Balik ke judul, kepanjangan cerita haha maaf-maaf 😅
Gimana sih cara mengarahkan minat, bakat atau passion kita dalam dunia tulis menulis?
Buat kalian yang punya passion menulis, coba yuk mulai dari sekarang nulis artikel di blog. Dari blog pun kita bisa menambahkan ad sense dan bisa mendapatkan penghasilan, lho.
Ada tips dari gua nih, buat kalian yang mau mulai nge-blogging, yaitu:

1. Fokus
Kalian mau bikin blog tentang apa? Cari topik yang matang dan konsisten untuk menulis artikel di blog kalian. Tentukan topik yang sesuai sama minat kalian dan sesuai sama bidang yang kalian pahami. Misal, mau jadi food-blogger kyk review makanan-makanan, kemudian review atau bahas lagu ter-update, atau review gadget terbaru dan lain sebagainya. Kalau pun kalian mau mencampur beberapa topik di satu akun blogger, kalian bisa bikin label agar memudahkan pencarian artikel sesuai topiknya.

2. Bikin Akun Blogger
Setelah menemukan topik, kalian bisa memulai dengan membuat akun blogger atau wordpress, terserah kalian lebih nyaman pake yang mana. Kalo gua pribadi lebih cocok pake blogger, meskipun gua juga ada wordpress tapi tetep aktif di blogger. Karena menurut gua, blogger lebih gampang buat kita desain template dan tampilan yang menarik untuk halaman blog pribadi kita. Oh ya, tentukan nama domain yang sesuai ya sama artikel kalian. Bisa juga kok pake nama kalian sendiri juga gapapa, biar ada ciri khas dari blog tersebut hehe.

3. Kumpulkan Niat dan Percaya Diri
Setelah akun blog kalian jadi, saatnya mulai menulis artikel pertama kalian. Tentukan judul sesuai topik blog yang akan ditulis, kumpulin niat dalam menulis dan kepercayaan diri kalian. Jangan takut kalo ga ada yang baca artikel kalian! Awal mula menulis mungkin emang yang baca atau pengunjungnya masih sedikit, tapi lama kelamaan bakal banyak kok. Apalagi kalo judul artikel kalian menarik dan bisa bermanfaat buat orang lain, pasti rame blog kalian. Usahain konsisten ya! Aktif nulis artikel terus, biar blog kalian semakin menarik pengunjung yang baca.

4. Desain Akun Blog
Setelah kalian punya artikel dan mulai paham sama yang namanya blog, sekarang yuk coba desain halaman blog kalian. Kalian bisa download template yang tersedia banyak di website resmi yang gratis juga tentunya. Kalian download file format XML, terus upload deh di pengaturan blogger kalian bagian EDIT HTML. Kalo mau lebih jelas lagi, nanti bakal gua share tutorial update template atau ubah desain blog dengan mudah. Selain itu, kalian bisa tambahin widget penunjuk waktu (jam), widget pengunjung, widget akun sosial media kalian dan widget lainnya. Kemudian kalian bisa ubah kursor pointer di halaman blog kalian, ubah favicon, menambahkan musik dan masih banyakk lagi.

5. Share Artikel Blog
Langkah terakhir, setiap ada artikel baru bisa kalian share deh ke sosial media lainnya kyk Twitter, Facebook, Whatsapp juga gapapa loh sama Line hahaha. Biar temen-temen yang lain juga dapet info yang bermanfaat dari artikel kalian sekaligus menambah pengunjung di akun blog kalian.

Gimana, udah ada pandangan untuk mulai mengarahkan bakat menulis kalian?
Semoga dengan artikel singkat dan sederhana ini bisa membantu kalian mengarahkan bakat maupun passion menulis kalian yaa.
Jangan lupa komen untuk memberikan kritik dan saran demi berkembanganya blog sederhana ini dan juga share ke temen-temen yang lain agar dapat bermanfaat untuk yang lainnya.
Terimakasih, sudah berkunjung. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Salam, Bloggers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar